Jumat, 17 Desember 2010

Hardware dan Software Masa Depan dan Masa Kini

by
NOVAN TRI PRASTYO U
NIM : 085514251

Di masa lalu manusia memimpikan sebuah teknologi yang mampu mempermudah pekerjaan. Pada masa era industrial manusia menemukan teknologi pengganti tangan manusia yakni  teknologi mesin. Berbagai jenis mesin diciptakan, mulai mesin ayak hingga generasi mesin ketik yang pertama. Di era informasi ini manusia memakai komputer untuk mempermudah hampir semua pekerjaan, mulai kegiatan produksi, transaksi ,hingga kegiatan kecil di rumah manusia memakai alat yang memiliki kecerdasan, sehingga manusia tidak memerlukan energi ekstra untuk melakukan sebuah pekerjaan, semua dikerjakan secara automatis. Nah, teknologi apakah yang selanjutnya diimpikan manusia dan akhirnya menjadi  kenyataan seperti di era-era peradaban manusia di masa lalu?

Dalam merancang sebuah teknologi baru, kita harus keunggulan teknologi baru kita dibandingkan teknologi yang sebelumnya. Misalnya saja lemari es, dahulu lemari es terbuat dari logam, kurang praktis, boros energi, segala pengaturannya manual, dan tidak tahan lama(mudah berkarat), namun sekarang manusia telah menciptakan generasi lemari es yang lebih ringan yakni terbuat dari silicon dan plastik polimer, sehingga harganya lebih murah, lebih mudah dipindah-pindahkan, dan tidak boros energi( lebih irit listrik), pengaturannya serba automatis( dapat disetting untuk berganti-ganti suhu pada waktu tertentu),dan tahan lama karena bahannya anti karat dan tahan api.

Di masa depan kita mungkin sudah bermimpi memiliki hardware dan software yang sesuai seperti yang kita butuhkan untuk pekerjaan sehari-hari kita. Misalnya kita sebagai mahasiswa teknik dalam merancang suatu desain, kita harus menggambar sedemikian sehingga manufaktur mengerti bagaimana bentuk fisik desain yang kita inginkan. Di masa sekarang kita sudah mengenal software-software yang digunakan untuk menggambar teknik, namun software tersebut masih memiliki kelemahan, yakni kurang praktis bila kita ingin menunjukannya pada manufaktur kita ,masih harus mencetaknya terlebih dahulu dalam bentuk 2dimensi atau kita harus menunjukannya lewat laptop dsb. Namun di masa depan kita dapat menciptakan alat proyeksi hologram untuk menjelaskan desain kita pada manufaktur. Misalnya saja alat tersebut berbentuk sebuah pena(sebut saja d-pen10) yang praktis dibawa, terbuat dari bahan yang ramah lingkungan yang dapat di daur ulang bila sudah aus, ketika dibuka pena tersebut menampilkan desain yang kita buat dengan tampilan 3dimensi sehingga manufaktur dapat mengamati segala sisi desain, d-pen10 dapat menjeaskan secara automatis desain yang kita buat, menjelaskan berapa ukurannya dan detail bentuknya.
ilustrasi bentuk d-pen
d-pen10 tidak hanya dapat menjelaskan desain yang belum jadi, tapi juga dapat mengidentifikasi bentuk sebenarnya, kita hanya perlu memotret bentuk sebenarnya dengan kamera kecil yang ada di ujung d-pen10 pada jarak yang ditentukan dia untuk siap memotret,  kemudian d-pen10 akan menjelaskan bagaimana bentuk fisik dan bahan dasar benda yang kita potret. Singkatnya d-pen10 dapat menjelaskan desain dalam bentuk nyata , dan sebaliknya dapat menjelaskan bentuk nyata dalam desain. d-pen10 dapat mengisi ulang energinya secara mandiri, bila dia diletakan di saku, dia akan memanfaatkan panas tubuh manusia untuk mengisi ulang energinya, atau pada waktu dia dipakai dalam terik matahari dia akan mandiri mengisi ulang enrginya.
Dalam dunia informasi kita sering mendengar istilah hardware dan software, keduanya sangat berhubungan erat, apalagi di era informasi ini banyak sekali teknologi canggih yang tidak hanya menggunakan hardware saja seperti di masa lalu, namun juga dilengkapi software yang mendukung fungsi kerja hardware tersebut
Hardware: perangkat keras komputer yang terdiri dari perangkat unit CPU, perangkat input, dan perangkat output.
Software: perangkat lunak komputer yang terdiri dari software utama operating system, dan software tambahan.
dalam praktiknya hardware dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan jalannya informasi yang kita inginkan.
PERANGKAT INPUT
Keyboard : papan ketik dimana kita dapat memasukkan sederetan huruf, angka, dan symbol ke dalam computer sebagai intruksi untuk diproses.
Mouse : alat ini berbentuk mirip tikus yang dapat digunakan melakukan intruksi langsung ke layar computer berupa icon yang disebut Cursor. Dengan mouse kita lebih cepat melakukan aneka perintah dengan klik, double klik, klik kanan dan scroll.
Mic : dengan alat ini kita dapat memasukkan suara ke dalam PC, dan juga dapat melakukan intruksi via suara dengan software khusus.
Scaner : dengan alat ini kita dapat melakukan memasukkan data (visual) analog menjadi data digital.

PERANGKAT UNIT CPU
Case: wadah atau  tempat semua perangkat yang terkait CPU ditempatkan dan dirangkai sehingga CPU sangat aman, ringkas, & praktis.
Motherboard : Nama lainnya mainboard atau sebutan gaulnya MOBO, ini merupakan papan utama dimana semua perangkat utama computer tersambung dengannya. Didalamnya terdapat jalur-jalur data, pin-pin conektor dan slot-slot.
Processor : ini nama sebenarnya adalah CPU, disinilah semua proses data diolah dan semua perangkat dikendalikan.
Memori : memori ada banyak macamnya, ada RAM, ROM, Cache, dan sebagainya. Perangkat ini memiliki fungsi sebagai penampung memori data yang sangat berperan membantu kerja processor.
Display : kartu VGA yang berfungsi khusus menampilkan tampilan komputer di layar monitor.
Media Storage : ini sebenarnya termasuk kategori memori, hanya saja fungsinya tidak sama persis dengan memori, karena perangkat ini dikhususkan untuk menyimpan data secara permanen.
Optical Drive : ini perangkat yang memanfaatkan sinar optik di dalam pembacaan media atau penulisannya.
PSU : power supply merupakan adaptor daya listrik yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ke komputer.

PERANGKAT OUTPUT
Monitor : dengan alat ini kita dapat melihat semua proses dalam komputer, tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan intruksi dan melakukan analisis data serta melihat hasil kerja dari komputer.
Printer : ini merupakan alat untuk mencetak hasil olah digital komputer ke lembar kertas.
Sound Speaker : ini alat untuk keluaran suara dari komputer.
Dikembangkan melalui penelitian atas kebutuhan manusia sehari-hari, maka perusahaan-perusahaan besar di dunia menciptakan hardware yang sangat menunjang untuk kehidupan sehari-hari manusia dan dilengkapi fasilitas-fasilitas masa kini.
berikut adalah contoh hardware masa kini (bukan promosi):
Intel core i7
Cemerlang cepat
Dengan lebih cepat, cerdas, multi-core terbaru yang berlaku di mana kekuatan pemrosesan paling dibutuhkan itu, baru Intel ® Core ™ i7 memberikan terobosan yang luar biasa dalam kinerja PC. Mereka adalah keluarga prosesor desktop terbaik di planet ini.

Anda akan multitask lebih cepat dan membebaskan aplikasi media digital yang luar biasa penciptaan. Dan Anda akan mengalami performa maksimal untuk semua yang Anda lakukan, berkat kombinasi Intel ® Turbo Boost  dan teknologi Intel ® Hyper-Threading technology (Intel ® teknologi HT) , yang akan memaksimalkan kinerja agar sesuai dengan beban kerja Anda.

IPAD


iPad akan berguna untuk membaca buku, bermain game komputer dan menonton video. Dia menilai, komputer tablet mutakhir ini “akan terasa lebih intim dari sebuah laptop dan memiliki lebih banyak kemampuan dari sebuah ponsel pintar”.
iPad ini memiliki berat yang tergolong ringan, yaitu hanya 1,5 pon (sekitar 680 gram) dan memiliki teknologi touch screen seluas 9,7 inci secara diagonal. Komputer ini dijual dengan fasilitas hard disk yang bervariasi, mulai dari 16, 32, hingga 65 GB serta memiliki sambungan Wi-Fi dan Bluetooth built-in. iPad dilengkapi baterai yang tahan hingga 10 jam dan mampu standby hingga satu bulan tanpa perlu di-charge. Raven Zachary, pengamat dari The 451 Group, menilai besutan Apple ini merupakan pengganti laptop, apalagi karena Apple juga menjual sebuah dock lengkap dengan keyboard built-in.
Atas dasar keinginan praktis dan cepat dalam memperoleh informasi dan mengolah informasi, para pencipta software di dunia menciptakan software yang mempermudah kegiatan manusia. Berikut adalah contoh software masa kini (bukan promosi):
WINDOWS 7

Microsoft menawarkan enam versi Windows 7: Starter, Home Premium, Professional, Ultimate, OEM, dan Enterprise. Tiga versi yang akan mempromosikan Redmond paling banyak adalah Home Premium, Professional, dan Ultimate, walaupun Pemula juga akan tersedia untuk konsumen.
Persyaratan minimum yang telanjang untuk 32-bit termasuk prosesor 1GHz, 1GB RAM, 16GB hard-disk space, dan perangkat grafis DirectX 9 dengan WDDM driver 1.0 atau lebih tinggi. 64-bit akan memerlukan setidaknya 1 GHz processor, 2GB RAM, 20GB of free space pada hard drive, dan perangkat grafis DirectX 9 dengan WDDM driver 1.0 atau lebih tinggi. Sebuah monitor layar sentuh diperlukan untuk mengambil keuntungan dari fitur sentuhan asli. Apakah dicatat bahwa beberapa pengguna telah mengklaim telah kurang berhasil menjalankan Windows 7 beta dengan kurang dari 1GB RAM, tapi itu tidak dianjurkan.

OVI MAPS

Ovi Maps selalu bersama Anda kemanapun Anda pergi. Cobalah peta dunia gratis dan jelajahi tempat-tempat baru.Berjalan maupun berkendara, Ovi Maps dapat menunjukkan arah untuk mencapai tempat tujuan.Mulai dari tempat Anda berada sekarang, hingga melewati tikungan dan persimpangan.
Download aplikasi Ovi Maps terbaru untuk ponsel Anda. Gunakan Ovi Maps 3.0 untuk peta yang lebih baik, diperkaya dengan nagivasi pejalan kaki dan pengendara serta fitur menarik lainnya.
Kini Ovi Maps online di ponsel Anda. Jelajahi tujuan Anda berikutnya di Ovi.com,lalu simpan dan sinkronkan penemuan Anda ke aplikasi Maps di ponsel Anda.

Dapatkan peta terbaru dengan visual lingkungan sekitar Anda yang lebih baik dan informasi lokal untuk menemukan apa yang Anda butuhkan di lebih dari 200 negara di seluruh dunia.
Menjelajah lingkungan sekitar Anda kini sangat mudah.Dapatkan navigasi Walk (pejalan kaki) di lebih dari 60 negara, dengan 3D landmark, panduan dari Lonely Planet, Michelin dan Wcities serta panduan cuaca kemanapun Anda pergi
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar